16 Maret 2017 01:31

Telah terjadi gangguan pada server SPSE pada tanggal 15 Maret 2017 sekitar pukul 13.30 WITA sehingga halaman web LPSE kab. Enrekang tidak dapat diakses.

Kronologi :
- Sekitar pukul 13.30 WITA telah terjadi pemadaman listrik PLN selama sekitar 1 jam.
- Automatic Starter pada alat genset tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga genset tidak otomatis berjalan pada saat listrik padam.
- Catu daya dari baterai UPS tidak mampu mensuplai listrik selama listrik padam, sehingga Server SPSE berhenti bekerja.
- Setelah listrik hidup kembali, server SPSE dapat menyala kembali tetapi beberapa aplikasi pendukung pada aplikasi SPSE tidak berjalan normal sehingga aplikasi SPSE tidak dapat berjalan dengan baik.

Penanganan :
- Telah dilakukan perbaikan server SPSE pada pukul 17.00 WITA dan aplikasi SPSE kembali berjalan normal, tetapi kembali ada laporan bahwa halaman web LPSE kab. Enrekang belum dapat diakses secara online.
- Pada pukul 20.30 WITA, kembali dilakukan perbaikan, pemeriksaan dan uji coba lanjutan pada server SPSE.

Hasil :
Sekitar pukul 24.30 WITA, aplikasi SPSE sudah dapat berfungsi dengan baik dan halaman web LPSE kab. Enrekang sudah dapat diakses secara online.

Atas kejadian tersebut, Kami selaku pengelola LPSE Kab. Enrekang meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan Panitia Pokja (ULP) dan rekan-rekan Penyedia yang terhambat dalam melaksanakan dan mengikuti pelelangan dalam rentang waktu tersebut.

Kepada Panitia Pokja (ULP), adanya pelelangan yang terhambat karena disebabkan oleh kerusakan sistem SPSE tersebut, agar dapat segera menyesuaikan kembali jadwal pelelangannya.

Kami akan terus berupaya untuk memperbaiki layanan LPSE dan akan berupaya meminimalkan resiko akibat gangguan aplikasi SPSE. Terima kasih.

Demikian pemberitahuan Kami. Salam Pengadaan.

Pengelola LPSE Kab. Enrekang